Kanwa Reviewed by Momizat on . KANWA, MAHARESI ayah angkat Dewi Sakuntala. Pada suatu hari,  Maharesi Kanwa menemukan seorang bayi perempuan tergolek menangis meronta-ronta di tepi Sungai Mal KANWA, MAHARESI ayah angkat Dewi Sakuntala. Pada suatu hari,  Maharesi Kanwa menemukan seorang bayi perempuan tergolek menangis meronta-ronta di tepi Sungai Mal Rating: 0
You Are Here: Home » Tokoh atau Karakter » Kanwa

Kanwa

KANWA, MAHARESI ayah angkat Dewi Sakuntala. Pada suatu hari,  Maharesi Kanwa menemukan seorang bayi perempuan tergolek menangis meronta-ronta di tepi Sungai Malini. Bayi itu dikelilingi sekawanan burung elang pemakan bangkai. Bayi itu  ditunggu sampai tidak bergerak lagi kemudian akan dijadikan isi perutnya.   Pertapa itu segera menyelamatkan bayi itu, membawanya pulang dan memeliharanya dengan baik. Bayi temuannya itu diberi nama Sakuntala, karena ketika ditemukan ia sedang dikeroyok burung Sakunta, yakni nama burung sejenis elang pemakan bangkai.

Sakuntala tumbuh sebagai gadis yang cantik, ibarat bunga mawar hutan yang semerbak. Berkawan dengan burung-burung dan binatang-binatang buas yang sering singgah di pertapaan. Hingga suatu hari Prabu Duswanta yang tengah berburu tersesat. Melihat kecantikan sang putri Pabu Duswanta terpesona. Keduanya lalu menjalin asmara. Buah cinta mereka melahirkan Bharata. Wangsa Bharata inilah yang diceriterakan oleh Empu Kanwa dalam Kitab Mahabharata.

Maharesi Kanwa seorang pertapa tekun, sekaligus juga pujangga besar. Ia banyak menciptakan kidung-kidung suci yang amat bermanfaat untuk memperbaiki akhlak manusia. Kata-katanya penuh hikmah. Atas jasanya itu para dewa memperkenankan ia mati secara moksa dan mengangkatnya sederajat setara dengan dewa. Di kahyangan, ia dikenal sebagai Batara Kanwa, malahan terkadang disebut Sang Hyang Kanwa.

Sewaktu Prabu Kresna pergi ke Astina sebagai duta  para Pandawa guna merundingkan penyerahan kembali separuh negara Astina (lakon Kresna Duta),  Sang Hyang Kanwa ikut menyertainya dalam perjalanan, guna menjadi saksi perundingan penting itu. Ada empat dewa lainnya yang juga ikut menjadi saksi,  satu kereta dengan Kresna yakni Kanwa, Ramaparasu, Narada, dan Janaka.

Lihat Sakuntala, Dewi.

About The Author

Number of Entries : 384

Leave a Comment

© 2011 Powered By SekarBudayaNusantara by SBN Team

Scroll to top