Ratri Reviewed by Momizat on . DEWI RATRI adalah putri Prabu Yudhistira, raja jin negara Mertani dengan permaisuri Dewi Rahina, putri Prabu Kumbala dengan Dewi Sumirat dari negara Madukara. P DEWI RATRI adalah putri Prabu Yudhistira, raja jin negara Mertani dengan permaisuri Dewi Rahina, putri Prabu Kumbala dengan Dewi Sumirat dari negara Madukara. P Rating: 0
You Are Here: Home » Tokoh atau Karakter » Ratri

Ratri

DEWI RATRI adalah putri Prabu Yudhistira, raja jin negara Mertani dengan permaisuri Dewi Rahina, putri Prabu Kumbala dengan Dewi Sumirat dari negara Madukara.

Pada lakon Babad Wanamarta atau Babad Alas Mertani, Pandawa  ingin mempunyai negara sendiri dengan membuka wilayah untuk dibangun kerajaan.  Bima diutus Puntadewa  ke Astina untuk minta doa restu kepada kakeknya Bhisma dan juga minta ijin untuk diperbolehkan membuka lahan tak bertuan untuk didirikan sebuah pemukiman. Prabu Duryudana dibisiki Sakuni agar Pandawa membuka sebuah hutan angker tak bertuan diperbatasan negara Astina. Maksud Sakuni agar Pandawa tewas dalam membuka hutan itu karena di sana bermukim banyak jin. Hutan itu bernama hutan Mertani.

Ketika negara hutan Mertani mulai di babat pohon-pohonnya oleh Bima, makluk penghuninya marah. Bima dikeroyok jin. Namun akhirnya hutan Mertani berhasil ditaklukkan oleh keluarga Pandawa, putra-putra Prabu Pandu. Raja jin Mertani yang bernama Jin Yudhisira kemudian manuksma ‘manunggal’ ke dalam tubuh Puntadewa, sulung Pandawa.

Adik Jin Yudistra bernama  Jin Dananjaya yang menguasai wilayah  Madukara manunggal dalam diri Arjuna. Sebelum meninggal, Jin Dananjaya berpesan, agar Arjuna mengawini Dewi Ratri, karena sesunguhnya Dewi Ratrilah  yang memiliki hak waris atas negara Madukara. Karena wilayah madukara menjadi bagian dari kerajaan Mertani. Amanat itu dilaksanakan oleh Arjuna. Setelah negara menjadi aman dan kerajaan jin Mertani berubah menjadi negara  Amarta, Arjuna kemudian mengawini Dewi Ratri.

Dalam perkawinannya dengan Arjuna, Dewi Ratri memperoleh seorang putra yang bernama, Bambang Wijanarka.

About The Author

Number of Entries : 384

Leave a Comment

© 2011 Powered By SekarBudayaNusantara by SBN Team

Scroll to top