Surata Reviewed by Momizat on . ARYA SURATA adalah anak kedua dari dua bersaudara putra Arya Jayadrata/Tirtanata, raja negara Sindu dengan Dewi Dursilawati, satu-satunya wanita dari seratus or ARYA SURATA adalah anak kedua dari dua bersaudara putra Arya Jayadrata/Tirtanata, raja negara Sindu dengan Dewi Dursilawati, satu-satunya wanita dari seratus or Rating: 0
You Are Here: Home » Tokoh atau Karakter » Surata

Surata

ARYA SURATA adalah anak kedua dari dua bersaudara putra Arya Jayadrata/Tirtanata, raja negara Sindu dengan Dewi Dursilawati, satu-satunya wanita dari seratus orang keluarga Kurawa, putra Prabu Destrarasta dengan Dewi Gandari dari negara Astina. Ia mempunyai seorang kakak kandung benama Arya Wiruta.  Sejak kecil sampai dewasa, ia tinggal di kesatrian Banakeling, wilayah negara Astina.

Arya Surata mempunyai sifat perwatakan, berani, penuh kesungguhan, sertia, dan sangat berbakti. Selain sakti, karena menjadi murid Resi Sapwani – guru dan ayah angkat Jayadrata,  Arya Surata juga mahir mempergunakan panah dan sangat ahli bermain gada.

Ketika pecah perang Bharatayuda, Arya Surata tidak ikut terjun ke medan peperangan. Selain karena masih kecil dan belum layak terjun ke medan perang, ia juga sangat patuh pada keinginan ibunya, Dewi Dursilawati yang tidak menghendaki  punahnya Wangsa Kuru.

Setelah perang Bharatayuda berakhir, Arya Surata dan ibunya pergi ke negara Sindu. Ia kemudian diangkat sebagai raja negara Sindu, mewarisi tahta dan kerajaan ayahnya. Sampai akhir hidupnya, Arya Surata tetap menjalin hubungan kekelurgaan dengan negara Astina, sejak masa pemerintahan Prabu Kalimataya/Puntadewa sampai masa pemerintahan Prabu Parikesit.

About The Author

Number of Entries : 384

Leave a Comment

© 2011 Powered By SekarBudayaNusantara by SBN Team

Scroll to top