Basurata Reviewed by Momizat on . BASURATA, PRABU adalah raja negara Wirata yang pertama. Pada waktu mudanya ia bernama Bathara Srinada. Prabu Basurata adalah  Putra Bathara Wisnu yang bertahta BASURATA, PRABU adalah raja negara Wirata yang pertama. Pada waktu mudanya ia bernama Bathara Srinada. Prabu Basurata adalah  Putra Bathara Wisnu yang bertahta Rating: 0
You Are Here: Home » Tokoh atau Karakter » Basurata

Basurata

BASURATA, PRABU adalah raja negara Wirata yang pertama. Pada waktu mudanya ia bernama Bathara Srinada. Prabu Basurata adalah  Putra Bathara Wisnu yang bertahta di Kahyangan Untarasegara, dengan permaisuri Dewi Srisekar. Ia mempunyai dua orang saudara kandung masing-masing bernama; Bathara Srigati dan  Bathara Srinadi.

Prabu Basurata menikah dengan Dewi Bramaniyuta, Putri Bathara Brahma dengan Dewi Sarasyati dari Kahyangan Daksinageni. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh dua orang putra bernama ;  Arya Basupati/Basuparicara dan Dewi Bramananeki.

Setelah menikahkan putrinya dengan Bambang Parikenan, putra  Bathara Bremani/Brahmanaresi (Putra Bathara Brahma dengan Dewi Raraswati) dengan Dewi Srihuna (Putri Bathara Wisnu dengan Dewi Sripujayanti), Prabu Basurata berkeinginan moksa. Ia kemudian menyerahkan tahta dan negara Wirata kepada putranya, Arya Basupati.

Negara Wirata di dalam percaturan dunia pewayangan menjadi negara yang mempunyai sejarah dan peradaban paling tua. Terutama ketika jaman Pandawa dan Kurawa. Segala sengketa dan hal-hal yang menyangkut sejarah dan data-data batas-batas wilayah diselesaikan di Mahkamah Internasional yang berada di Wirata.

Sejarah maupun silsilah raja-raja negara-negara seluruh jagad pewayangan konon disimpan di sebuah kitab bernama Pustaka Raja Purwa. Kitab itu disimpan oleh penerus wangsa Wirata sampai nantinya di tangan Prabu Matswapati. Ketika ada sengketa masalah batas wilayah. Maka Pustaka itu menjadi rujukan utama. Misalnya ketika Gatutkaca dan Boma Bersengketa maka para sesepuh Pandawa dan Dwarawati lalu minta rujukan kepada Prabu Matswapati sebagai sesepuh dan pewaris peta dan silsilah raja-raja dunia. Layaknya Mahkamah Internasional yang dipatuhi semua kepala negara sejagad.

About The Author

Number of Entries : 384

Leave a Comment

© 2011 Powered By SekarBudayaNusantara by SBN Team

Scroll to top