HUT KE I PAGUYUBAN CATUR SAGOTRA NUSANTARA Reviewed by Momizat on . HUT KE I PAGUYUBAN CATUR SAGOTRA NUSANTARA Pusdiklat Kemensos, Jl. Margaguna No. 1 Pondok Indah, Jakarta Selatan Sabtu, 31 Mei 2014   Paguyuban Catur Sagotra Nu HUT KE I PAGUYUBAN CATUR SAGOTRA NUSANTARA Pusdiklat Kemensos, Jl. Margaguna No. 1 Pondok Indah, Jakarta Selatan Sabtu, 31 Mei 2014   Paguyuban Catur Sagotra Nu Rating: 0
You Are Here: Home » Event » HUT KE I PAGUYUBAN CATUR SAGOTRA NUSANTARA

HUT KE I PAGUYUBAN CATUR SAGOTRA NUSANTARA

HUT KE I PAGUYUBAN CATUR SAGOTRA NUSANTARA

Pusdiklat Kemensos, Jl. Margaguna No. 1 Pondok Indah, Jakarta Selatan

Sabtu, 31 Mei 2014

 

Paguyuban Catur Sagotra Nusantara (CSN) telah dikukuhkan pendiriannya pada hari Minggu, 12 Mei 2013, di Puri Agung Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat.

CSN adalah suatu organisasi kemasyarakatan non politik yang bersifat paguyuban dan berbentuk forum dialog atau forum komunikasi dalam bidang budaya, yang menghimpun para trah, kerabat, sentana, simpatisan yang berada di luar wilayah empat keraton/pura, yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Kasultanan, Pura Pakualaman dan Pura Mangkunegaran, agar bersatu dalam menjalin ikatan persaudaran melalui kegiatan seni dan budaya,  untuk mempersembahkan nilai-nilai adilihung dan adikarya budaya keraton, khususnya budaya keraton Mataraman sebagai living heritage bangsa dan Negara Indonesia.

Gagagasan pendirian CSN diprakarsai oleh Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Paku Buwono XII, Ngarso Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono IX, KGPAA Paku Alam VIII dan KGPAA Mangku Nagoro VIII. Gagasan itu kemudian diamanatkan langsung oleh Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Paku Buwono XII kepada Ibu Nani Soedarsono, S.H. (tahun 2004) untuk mengkoordinir proses pendiriannya.

Bahwa ditambahkan kata “nusantara” mengandung harapan dan cita-cita, bukan hanya akan menjangkau para trah, sentana dan kerabat empat keraton yang tersebar di wilayah nusantara atau bahkan di luar wilayah Republik Indonesia semata, namun diharapkan juga pada gilirannya menjangkau trah-trah keraton lainnya yang merasa masih berkaitan secara historis dengan empat keraton pendiri CSN.

Oleh karena itu berdasarkan harapan dan cita-cita mulia tersebut, panitia HUT Ke 1 CSN menetapkan suatu tema yang dianggap dapat mencerminkan hal tersebut yaitu “Bercermin Pada Sejarah”. Penetapan tema ini mengandung maksud agar seluruh trah keraton yang menjadi anggota CSN harus mulai menggali dan mengapresiasi sekaligus mempresentasikan sejarah keraton masing-masing demi mencari landasan dan acuan nilai-nilai moral dan kejuangan bagi para trah.

Dalam pelaksanaan HUT Ke 1 CSN kali ini akan dipresentasikan sejarah beberapa keraton, namun cukup istimewa karena justru kali ini akan dipresentasikan sejarah beberapa keraton yang diundang untuk mempresentasikan sejarahnya adalah tiga keraton di luar anggota pendiri CSN, namun sudah menyatakan untuk bergabung menjadi anggota CSN, yaitu Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kasultanan Samalanga Aceh Darussalam, dan Puri Agung Karang Asem Bali.

About The Author

Number of Entries : 387

Leave a Comment

© 2011 Powered By SekarBudayaNusantara by SBN Team

Scroll to top