Jaringan dan Kerjasama Reviewed by Momizat on . Jaringan dan Kerjasama Dari tahun 2004 s.d tahun 2008 SBN sudah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga pemerintahan (Pemda) maupun lembaga tinggi seni (ISI) Jaringan dan Kerjasama Dari tahun 2004 s.d tahun 2008 SBN sudah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga pemerintahan (Pemda) maupun lembaga tinggi seni (ISI) Rating: 0
You Are Here: Home » Kerjasama » Jaringan dan Kerjasama

Jaringan dan Kerjasama

Jaringan dan Kerjasama

Dari tahun 2004 s.d tahun 2008 SBN sudah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga pemerintahan (Pemda) maupun lembaga tinggi seni (ISI) dan juga Perkumpulan pelaku seni tradisional wayang orang seperti Bharata, Ngesthi Pandhawa, Sriwedari , RRI Surakarta dll. serta lembaga pemangku budaya seperti empat keraton dan pura melalui Catur Sagotra.

Dengan semakin banyaknya kegiatan budaya yang ditangani SBN maka fokus program SBN diperluas tidak hanya kesenian tetapi lebih mengarah pada kegiatan rediscovery, preservation dan development kearifan lokal (local wisdom) di setiap eleman budaya. Pada periode ini SBN mulai memperkuat kemampuan menelorkan konsep dan menyusun materi yang berkaitan dengan budaya untuk kepentingan bangsa ini.

Kerjasama yang dijalin dengan itensitas kegiatan dari tiap partner adalah:

1)      Pemerintah Daerah Jawa Tengah. Inti kerjasama adalah ndandani kebudayan Jawa Tengah dalam arti mengadakan pembinaan kualitas  seni, seniman dan managemen kelompok seni tradisi dan penggalian lokal wisdom daerah tingkat II untuk memperkuat jatidiri dan identitas Jawa Tengah.

2)      Institut Seni Indonesia Surakarta. Inti kerjasama adalah mengadakan pergelaran dan pembinaan alumni. ISI Surakarta sebagai lembaga akademis melakukan pendekatan akademik sesuai tugas dan tanggungjawab ilmiahnya, sedangkan SBN membina mentalitas  budaya dan profesionalitas alumni dengan  pendekatan praktis operasional.

3)      Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Inti kerjasama adalah memperkuat kemampuan menelorkan konsep dan menyusun materi yang berkaitan dengan kearifan lokal yang memiliki arti penting dalam kehidupan berbangsa. Kerjasama ini tidak terbatas diskusi dan kajian ilmiah saja tetapi termasuk upaya publikasi majalah budaya Bende dan pementasan Matra Sejarah.

4)      Keraton. Kerjasama untuk menyatukan empat keraton trah agung Mataram dalam seni dan budaya melalui wadah Catur Sagotra.

5)      Direktorat Jenderal Potensi Ketahanan Departemen Pertahanan RI. Inti kerjasama adalah partner diskusi dan penyusunan konsep menumbuhkan ketahanan bangsa Indonesia melalui budaya.

6)      Media Partnership. Kerjasama dengan event organizer dan media elektronik dan media cetak pada program sosialisasi kesenian tradisional sekaligus sebagai media promosi produk/jasa sponsornya.

 

About The Author

Number of Entries : 387

Leave a Comment

© 2011 Powered By SekarBudayaNusantara by SBN Team

Scroll to top